WA/SMS Center 0877-3332-0999
Call Center RS 0284 321614
Call Center SPGDT 119 0284 324631

Instalasi Haemodialisa

 

Penyakit ginjal kronis adalah hilangnya sejumlah nefron fungsional yang bersifat ireversibel, gejala-gejala klinis yang serius sering tidak muncul sampai jumlah nefron fungsional berkurang sedikitnya 70% di bawah normal dan jika jumlah nefron yang rusak melebihi 90%, pasien akan mengalami penyakit ginjal terminal (Guyton dan Hall, 1997).
Instalasi Haemodialisa merupakan suatu unit pelayanan yang ada di UPT. RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Instalasi Hemodialisa menjadi fasilitas pelayanan hemodialisis bagi penderita penyakit ginjal yang membutuhkan terapi pengganti yaitu hemodialisa ataupun peritoneal dialisa.

Pelayanan hemodialisis di UPT. RSUD dr. M. Asahri Kabupaten Pemalang dilengkapi dengan 12 set mesin pencuci darah, yang diharapkan bisa melayani pasien lebih banyak tanpa harus antri terlalu lama.

Pada setiap pasien yang melakukan proses hemodialisa, kondisi kesehatan pasien diharap dalam keadaan yang cukup baik, dikarenakan proses dialisis yang cukup membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu ruang dialisis dibuat senyaman mungkin agar pasien tidak merasa jenuh.
Dengan dukungan kerjasama tim yang solid yang beranggotakan dokter umum yang bersertifikat HD, dokter penyakit dalam, perawat yang terampil, mahir dan bersertifikat serta dukungan pasien dan keluarga mampu meningkatkan kesadaran tentang kualitas hidup pasien yang bersangkutan.

Download kami di