WA/SMS Center 0877-3332-0999
Call Center RS 0284 321614
Call Center SPGDT 119 0284 324631

Instalasi Gawat Darurat

 

merupakan salah satu bagian terpenting di rumah sakit yang melayani penanganan awal bagi pasien yang sakit/cidera karena kecelakaan yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya.
Gedung IGD terletak ditempat stategis dekat pintu gerbang masuk sehingga kendaraan pengirim pasien bisa langsung menuju lobby IGD. Petugas paramedis dan keamanan siap siaga didepan untuk membantu pasien yang datang ke ruangan IGD menggunakan kursi roda/brankard yang disediakan.

Pelayanan pasien gawat darurat memerlukan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat untuk mencegah kesakitan yang terlalu lama, cacat pada pasien bahkan kejadian yang memungkinkan terjadinya kematian, karena waktu tanggap (respons time) merupakan salah satu indikator mutu pelayanan.

Instalasi Gawat Darurat UPT. RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang memberikan pelayanan 24 jam, mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan asuhan medis dan asuhan keperawatan sementara serta pelayanan pembedahan darurat bagi pasien yang datang dengan gawat darurat medis.
Ditangani Dokter dan didukung paramedis dengan sertifikasi PPGD (Penanganan Penderita Gawat Darurat) sehingga pasien segera mendapatkan penanganan dengan baik, guna mendapatkan perawatan lebih lanjut diruang rawat inap atau menentukan untuk dirujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi.
Untuk menunjang kelancaran, kemudahan dan kecepatan pelayanan disediakan loket pendaftaran, loket SEP dari BPJS, apotik dan kasir IGD yang berada dalam satu tempat.

IGD PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif)

 

Tujuan utama PONEK mampu menyelamatkan ibu dan anak baru lahir melalui program rujukan berencana dalam satu wilayah kabupaten/kota.
Pelayanan obstetri dan neonatal regional merupakan upaya penyediaan pelayanan bagi ibu dan bayi baru lahir secara terpadu dalam bentuk Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) di Rumah Sakit dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED) di tingkat Puskesmas.
Kabupaten Pemalang merupakan daerah yang memiliki angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian neonatal (AKN) yang cukup tinggi dan untuk menurunkan angka tersebut PONEK ditempatkan di IGD. Kunci keberhasilan PONEK adalah ketersediaan tenaga kesehatan yang sesuai kompetensi, prasarana, sarana dan manajemen yang handal.

PONEK siaga 24 Jam merupakan bagian dari sistem rujukan dalam pelayanan kedaruratan dalam maternal dan neonatal, yang sangat berperan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir

PONEK di UPT. RSUD dr. M. Ashari yang merupakan Rumah Sakit Type C, dapat memberikan beberapa pelayanan meliputi :
1.Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal Fisiologis
2.Pelayanan kesehatan Maternal dan Neonatal dengan risiko tinggi
3.Pelayanan Kesehatan Neonatal
4.Pelayanan Ginekologis
5.Perawatan Khusus / High Care Unit dan Transfusi Darah
Upaya dari pelayanan PONEK ini bertujuan untuk Stabilisasi di UGD dan persiapan untuk pengobatan definitif, Penanganan kasus gawat darurat oleh tim PONEK RS di ruang tindakan, Penanganan operatif cepat dan tepat meliputi laparotomi, dan sektio saesaria, Perawatan intensif ibu dan bayi, Pelayanan Asuhan Ante Natal Risiko Tinggi.

 

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)

 

SPGDT 119 merupakan program pemerintah Kabupaten Pemalang yang bertujuan memberikan Penanggulangan Kegawatdaruratan Medis yang terjadi di Wilayah Kabupaten Pemalang secara Cepat dan Tepat.
SPGDT adalah suatu mekanisme pelayanan korban/pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis Call Center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119 dengan melibatkan masyarakat.
Kode akses telekomunikasi 119 yang selanjutnya disebut Call Center 119 adalah suatu design sistem dan teknologi menggunakan konsep pusat panggilan terintegrasi yang merupakan layanan yang berbasis jaringan telekomunikasi khusus dibidang kesehatan.

Pelayanan SPGDT 119 berpedoman pada respon cepat yang menekankan time saving is life and limb saving.

Dalam situasi apa bisa menghubungi SPGDT PSC 119? Saat menjumpai korban / pasien dengan kedaan gawat darurat medis, dimana pernafasan, sirkulasi darah, kesadaran terganggu atau mungkin perdarahan hebat, luka bakar dan patah tulang. Pada saat menghubungi call center 119 hendaknya menyampaikan informasi berupa, kondisi korban, gejala dan tanda yang dialami korban, lokasi kejadian, nomor telpon yang mudah dihubungi dan bantuan yang sudah diberikan.
Tim SPGDT UPT. RSUD dr. M. Ashari pemalang bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit se-Kabupaten Pemalang, Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Kepolisian Resort Pemalang, Puskesmas, Klinik 24 Jam, PMI dan instansi lainnya untuk menangani korban kecelakaan, bencana alam, henti jantung dan semua kondisi kegawatdaruratan lainnya.

Download kami di