WA/SMS Center 0877-3332-0999
Call Center RS 0284 321614
Call Center SPGDT 119 0284 324631

IPS Medis

 

Instalasi Pemeliharaan Sarana Medik merupakan Instalasi yang melaksanakan tugas pemeliharaan peralatan medis rumah sakit. Pemeliharaan peralatan medik mempunyai kriteria berupa: Pemeliharaan Terencana dan Pemeliharaan Tidak Terencana.
Pemeliharaan Terencana yaitu kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan terhadap alat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pemeliharaan terencana meliputi pemeliharaan preventif dan pemeliharaan korektif.
Pemeliharaan preventif atau pencegahan yang merupakan kegiatan pemeliharaan berupa perawatan dengan membersihkan alat medis yang dilaksanakan setiap hari, penyetelan alat, pemberian pelumas pada alat serta penggantian bahan pemeliharaan yang dilaksanakan oleh teknisi secara berkala.

Peralatan medis rumah sakit diadakan dengan biaya sangat mahal, peran IPS Medis adalah mengelola dan melakukan perawatan dan perbaikan alat-alat tersebut.

Pemeliharaan korektif adalah kegiatan pemeliharaan yang bersifat perbaikan terhadap peralatan yang mengalami kerusakan dengan atau tanpa penggantian suku cadang.
Pemeliharaan tidak terencana adalah kegiatan pemeliharaan yang bersifat darurat berupa perbaikan terhadap kerusakan alat yang mendadak/tidak terduga dan harus segera dilaksanakan mengingat alat sangat dibutuhkan untuk pelayanan.

Download kami di